TUGAS E-COMMERCE
“ELEVENIA”
Oleh :
Nurul Tri Andini
1711011065
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS LAMPUNG
BANDAR
LAMPUNG
2020
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Gambaran Umum
Elevenia adalah sebuah aplikasi dan situs web yang mengusung
konsep open marketplace yang ada di Indonesia dan bergerak dibidang jual beli
secara online dan dapat diakses secara mudah dengan menggunakan smartphone maupun perangkat komputer dengan mudah dan cepat. Didalam
aplikasi ini menawarkan berbagai macam produk yang masuk kedalam banyak
kategori seperti fashion, elektronik, kecantikan, kesehatan, makanan, dan masih
banyak lagi.
Elevenia adalah situs belanja online dengan konsep
open marketplace di Indonesia. Diluncurkan pada tahun 2014, situs ini memiliki
lebih dari 4,8 juta produk yang terdaftar dan rata-rata 13.000 transaksi sehari
dan memiliki seller zone di AIA Central, Jakarta Selatan. Seller zone adalah pusat layanan yang ditujukan
untuk mendukung aktivitas penjual dalam berjualan di elevenia. Seller zone
memiliki berbagai fasilitas penunjang seperti studio foto untuk memfoto
produk-produk yang akan dijual dan kelas pelatihan tentang berjualan secara
online yang dapat diikuti oleh para penjual secara cuma-cuma.
Elevenia merupakan situs yang tidak hanya memfasilitasi
pembeli namun juga memfasilitasi penjual dan menawarkan konsep yang berbeda
dengan situs yang lainnya. Elevenia menawarkan layanan yang aman dan
terintegrasi baik untuk pembeli maupun utuk penjual. Situs Elevenia ini
merupakan produk dari PT. XL Planet (yaitu joint venture antara PT. XL Axiata
Tbk dengan PT. SK Planet Co. Ltd dari Korea Selatan). Pihak Elevenia tidak
menyerahkan kesepakatan pemmbayaran kepada pembeli maupun penjual melainkan
melalui pihak ketiga yang tidak lain adalah pihak Elevenia itu sendiri. Jadi
jika pembeli telah membayarkan sejumlah uang untuk pembelian suatu barang, uang
tersebut tidak langsung diberikan kepada ppenjual melainkan masuk ke rekening
dari Elevenia, namun jika barang yang dipesan sudah sampai ketangan pembeli dan
pembeli telah mengkonfirmasinya barulah uang tersebut diberikan kepada si
penjual. Hal tersebut dapat menghindari pembeli dari kasus penipuan. Dengan
begitu seluruh keamanan serta jaminan pembelia produk akan difasilitasi oleh
Elevenia.
Elevenia dapat diakses melalui website www.elevenia.co.id, selain melalui
website, aplikasi Elevenia untuk smartphone juga dapat diunduh di Playstore
untuk pengguna android dan juga di Appstore untuk pengguna IOS. Situs Elevenia
menyajikan tampilan yang menarik dan memiliki warna tampilan yang sangat pas
dilihat oleh mata. Selain itu didalam situs itu terdapat banyak diskon dan
gratis ongkos pengiriman.
Berikut adalah tampilan dari situs web Elevenia yang diakses
melalui perangkat komputer.
Gambar 1.1
tampilan situs www.elevenia.co.id
Sasaran dari Elevenia ini adalah para anak muda atau kalangan muda yang lebih banyak menggunakan gadget
dalam memilih suatu produk. Seperti yang kita liat dari gambar diatas, Elevenia
membagi produknya kedalam 8 kategori yaitu fashion, beauty & healthy,
babies & kids, home & food, elektronik, sports & hobby, dan mokado & service.
E-commerce menjadi saluran bagi Elevenia dalam memasarkan
produknya, dengan kekuatan UKM seperti: Tokousb.com, Jayaban Autofashion Purplejadebatik,
AG Collection dan lain- lain. Elevenia sangat optimis bahwa e-commerce
merupakan industri masa depan yang sedang dirintis di Indonesia.
Dengan
membuat platform marketplace, Elevenia mempertemukan penjual dan pembeli dalam
bertransaksi (Majalah Marketing Edisi 08/XIV/Agustus/2014). Berdasarkan
Techinasia yang merupakan sebuah perusahaan startup media teknologi online yang
berbasis di Asia mengatakan, Elevenia masuk ke dalam 15 kategori website
e-commerce paling populer di Indonesia. Dari kategori tersebut Elevenia
menduduki posisi ke 12 yang dikategorikan berdasarkan merek yang pertama kali
dilihat konsumen, tingkat penyebaran website, total penggunaan situs oleh
konsumen, dan merek yang akan mereka beli dimasa yang akan datang.
(http://id.techinasia.com/survei-website-ecommerce-populer-indonesia/).
1.2 Latar belakang
Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi,
manusia dituntut untuk hidup serba praktis dan canggih dalam melakukan berbagai
aktivitas. Dalam era yang semakin maju ini teknologi memiliki peran yang sangat
penting bagi kehidupan manusia, khususnya internet. Internet merupakan
kependekan dari “Interconnecting-networking” yang merupakan jaringan komputer
internasional yang menghubungkan orang dan organisasi di seluruh dunia (Lena
dan Anatan, 2009: 48).
Akses internet dimanfaatkan untuk dapat terhubung
antara satu negara dengan
negara yang lain dalam tempo yang singkat.
Karena
itu perkembangan dunia bisnis melalui internet sudah sangat maju dan semakin
bertumbuh dari masa ke masa. Laju perkembangannya pun sulit untuk diprediksi.
Hal itu merambah ke dunia jual beli online yang ada diseluruh dunia.
Perkembangan jual beli online yang memanfaatkan konsep e-commerce semakin
berkembang dengan pesat di Indonesia. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba
untuk membuat suatu platform seperti web maupun aplikasi untuk dapat menaungi jual
beli online
tersebut, salah satunya adalah Elevenia.
PEMBAHASAN
Sejarah
Situs elevenia.co.id resmi diluncurkan pada tanggal 1 Maret
2014. Beroperasi dibawah naungan PT XL Planet yang merupakan sebuah
perusahaan joint venture antara PT. XL Axiata, Tbk., dan PT. SK
Planet Co dari Korea Selatan. PT XL Axiata merupakan perusahaan
operator terbesar kedua di Indonesia dan SK Planet adalah anak perusahaan
dari SK Telecom Korea Selatan, perusahaan operator terbesar di Korea
Selatan.
Layanan
Layanan
yang disediakan oleh elevenia tidak hanya melalui perangkat desktop, elevenia
juga bisa diakses melalui mobile application yang sudah
tersedia di Google Play untuk pengguna Android dan juga di Apple Store untuk
pengguna iOS.
Hal
lain yang menarik dari elevenia adalah fasilitas dan pelayanan yang mereka
berikan kepada para seller. Fasilitas yang elevenia berikan diantaranya adalah
sesi edukasi melalui program training dan seminar secara rutin serta fasilitas
foto studio. Mereka juga dapat konsultasi langsung dengan tim CRO,
(Customer Relationship Officer). Melalui sellerzone.elevenia.co.id Seller pun
dapat mendownload tutorial dan reservasi training dan foto studio.
Hingga
2015, tercatat lebih dari 5000 seller sudah menggunakan fasilitas ini. Lokasi
Seller Zone pun tidak hanya di satu tempat. elevenia memiliki tiga lokasi
Seller Zone yaitu di Mangga Dua, Tanah Abang dan Plasa 89.
Selain
memberikan kemudahan untuk para seller, elevenia juga tidak lupa memberikan
penawaran menarik untuk para membernya. Di elevenia, ada satu penawaran khusus
setiap tanggal 11 bernama "elevenia Day". Promo ini memberikan 11%
untuk semua produk. Inilah salah satu cara elevenia membahagiakan para
membernya.
Di
Elevenia juga ada Gratis Voucher 1 Juta untuk pembeli mereka, dan saat ini ada
juga Voucher hingga mencapai nilai 3 juta.
PROFILE
PERUSAHAAN
Elevenia,
Hingga hari ini, tercatat bahwa elevenia menawarkan lebih dari 2 juta produk
dari 16.000 seller yang terbagi dalam 8 kategori antara
lain: fashion, beauty/health, babies/kids, home/garden, gadget/komputer,
elektronik, sports/hobby, service/food.
Pada
bulan Februari 2015, elevenia telah berhasil menambah seller hingga lebih dari
23,000 seller dan live listing 2 juta produk. Dalam satu tahun, elevenia juga
berhasil menggapai 1 Juta pengguna dan mengirim lebih dari 400,000 ribu produk.
Selain itu, mereka juga mampu meraih pendapatan sebesar 250 Milyar Rupiah pada
tahun 2014. Dalam tahun kedua mereka, elevenia mentargetkan untuk bisa mencapai
penghasilan sebesar Rp. 1,1 Trilyun.
Elevenia
Industri
: Belanja Daring
Didirikan
: 1 Maret 2014
Lokasi
Kantor : Mangga Dua, Tanah Abang dan Plasa
89.
Pendiri
: PT XL AXIA NET
Pemilik
: Salim Group
Jenis
Produk Yang di Jual
Banyak
sekali produk yang dijual oleh elevenia, Yaitu :
-
Kebutuhan sehari – hari
-
Kebutuhan Kantor
-
Kebutuhan Fotografi/Videografi
-
Kebutuhan Sekolah
-
Kebutuhan Hobi
-
Kebutuhan Elektronik
-
Kebutuhan Otomotif
Di Elevenia juga ada Gratis Voucher 1 Juta untuk pembeli
mereka, dan saat ini ada juga Voucher hingga mencapai nilai 3 juta.
Sistem Pembayaran
Sistem pembayaran pada elevenia, menggunakan system
pembayaran rekber yang dimana elevenia menjadi orang ketiga dalam metode
pembayaran ini untuk mencegah terjadi penipuan dalam pembelian barang.
RUANG LINGKUP AREA ELEVENIA
•
Area Elevenia
Mencakup sebagian besar dari Negara
Indonesia, yang dimana penjual elevenia terdapat dari hamper seluruh bagian
Indonesia.
•
Jumlah Karyawan
Jumlah karyawan Elevenia sebanyak
297 orang.
TEKNOLOGI
Fitur
Keamanan Elevania
-
Verified Seller
Digunakan untuk memverifikasi sebuah
penjual dimana, sebuah penjual ini apakah benar menjual sebuah barangnya atau
hanya untuk menipu.
-
Online Delivery Tracking
Berperan sebagai pelacak sebuah
barang, ketika pembeli cemas akan barangnya belum sampai maka dapat di cek
melalui fitur ini.
-
Customer Support
Yaitu sebuah pelayanan 24jam yang
dimana dapat menerima sebuah masukan, kritikan atau keluhan seorang customer.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1.1 Definisi E-Commerce
Definisi E-Commerce menurut Laudon (2007), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk
secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan
komputer sebagai perantara transaksi bisnis. E-Commerce menurut David Baum (1999) merupakan satu set dinamis
teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen,
dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang,
pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Definisi dari E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston
(1997) dapat ditinjau dalam tiga perspektif berikut :
1. Perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, pembayaran
melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
2. Perspektif proses bisnis, E-commerce adalah aplikasi dari teknologi yang menuju otomatisasi
dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
3. Perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan,
konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost). Ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan
kecepatan layanan pengiriman.
4. Perspektif online,
E-Commerce menyediakan kemampuan
untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet.
2.1.1 Jenis-jenis e-commerce
Kegiatan E-Commerce
mencakup banyak hal, untuk membedakannya E- Commerce dibedakan menjadi tiga berdasarkan karateristiknya
(Laudon, 2007) :
1. Business to
Business, karateristiknya :
a. Trading partners
yang sudah saling mengetahui dan
antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
b. Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan
berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
c. Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka
lainnya untuk mengirimkan data.
d. Model yang umum digunakan adalah peer to peer, dimana processing intelligence dapat
didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
2.
Business to Consumer, karateristiknya
:
a.
Terbuka untuk
umum, dimana informasi disebarkan secara umum.
b.
Service yang
digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
c.
Service yang
digunakan berdasarkan permintaan.
d. Sistem pendekatan melalui client-server
3.
Consumer to consumer
E-Commerce
konsumen ke konsumen (C2C) melibatkan konsumen yang
menjual secara langsung ke konsumen.
2.1.2 Proses transaksi e-commerce
Kegiatan perdagangan antar pembeli
dan penjual dapat dilakukan maka harus ada satu proses tertentu. Proses
transaksi e-commerce bisa mencakup
tahap- tahap sebagai berikut ( Suyanto, 2003 ) :
1.
Show.
Penjual menunjukkan produk atau layanannya di situs yang dimiliki, lengkap
dengan detail spesifikasi produk dan harganya.
2.
Register.
Konsumen melakukan register untuk memasukkan data-data identitas, alamat pengiriman
dan informasi login.
3.
Order.
Setelah konsumen memilih produk yang diinginkan, konsumen pun selanjutnya
melakukan order pembelian.
4.
Payment.
Konsumen melakukan pembayaran.
5.
Verification.
Verifikasi data konsumen seperti data-data pembayaran contohnya nomor rekening
atau kartu kredit.
6.
Deliver.
Produk yang dipesan pembeli kemudian dikirimkan oleh penjual ke konsumen.
Study Case
Budaya Data-Driven
Banyak perusahaan yang berusaha untuk menerapkan data-driven, tetapi sedikit yang mengerti tentang bagaimana cara melakukannya. Pada tahun 2016, para pemimpin di situs e-commerce Elevenia memiliki ide besar: untuk menerapkan budaya data-driven, mereka akan membangun platform cloud-based analisis yang didukung penuh oleh real-time business intelligence (BI). Elevenia diluncurkan pada tahun 2014 di Indonesia sebagai situs belanja online untuk customer-to-customer (C2C). Pada tahun 2018, situs ini memiliki lebih dari 4,8 juta produk yang terdaftar dan dengan rata-rata 13.000 transaksi sehari.
Untuk mewujudkan ide ini, Elevenia membentuk sebuah tim manajemen data termasuk data scientist, data engineers, dan analis BI. Tim ini akan secara langsung berkontribusi pada pengembangan produk dengan mengintegrasikan analisi pada tahap awal siklus pengembangan produknya. Elevenia memilih untuk membangun infrastruktur BI khusus di Amazon Web Services (AWS) Cloud, karena salah satu bisnis perusahaan induknya sudah berhasil berjalan di AWS. Prioritas untuk infrastruktur baru ini termasuk kapasitas untuk penskalaan, membangun nilai dengan operasional yang minimal, dan setidaknya memiliki uptime sebanyak 95 persen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar